16.Mar.2022

Spot Diving Terbaik Dunia Ada di Indonesia


Indonesia memiliki banyak wisata laut yang sangat memukau yang cocok dipilih sebagai destinasi diving.  Berbagai tempat di Tanah Air menyajikan pemandangan bawah laut bagai surga yang mungkin hanya bisa ditemui di Indonesia dan tempat wisata terbaik di dunia ternyata ada di Indonesia. Aladiners dapat menikmati keindahan bawah laut secara langsung diving dan menyapa langsung beragam biota laut yang ada di bawah sana. Tahukah Aladiners, kalau di Indonesia terdapat banyak sekali spot diving terbaik di dunia. Apa sajakah itu? Cek penjelasan di bawah ini.  

0
0
0

Raja Ampat

Raja Ampat berada di Kepulauan Papua Barat ini menyimpan beberapa pulau besar yang sangat indah, antara lain Pulau Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Spot yang paling dicari dan disenangi oleh para pecinta diving adalah biota laut yang ada di Raja Ampat.

photo of person in body of water

Source: unsplash.com/@alexrose

Dengan luas laut mencapai 4,6 juta hektar, menjadikan Raja Ampat sebagai rumah yang nyaman bagi 540 jenis karang 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.

Wakatobi

Wakatobi merupakan spot diving di Indonesia yang tarletak di di Sulawesi Tenggara yang menyimpan 750 spesies terumbu karang dari total 850 spesies yang ada di dunia. Dengan luas 1,39 juta hektar, Wakatobi memiliki 50 titik selam. Tak heran, Wakatobi menjadi salah satu spot diving yang paling diminati oleh para wisatawan dari segala penjuru dunia.

orange and white clown fish on green and white coral reef

Source: unsplash.com/@benjamin.ljones

Sebutan surga bawah laut Wakatobi memang benar adanya bukan isapan jempol semata. Taman Nasional Wakatobi memiliki potensi sumber daya kelautan yang bernilai tinggi serta panorama bawah laut yang begitu menakjubkan.

 

Pulau Komodo

Salah satu spot diving terbaik dunia di Indonesia adalah Pulau Komodo. Pulau Komodo ini terletak di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, Pulau Nasional Komodo memiliki ribuan jenis terumbu karang. Ada pula beragam spesies ikan cantik yang akan menemani para wisatawan yang sedang diving. Jika beruntung, banyak ikan pari manta, hiu, hingga dugong yang bisa diajak berinteraksi.

Scuba Diving Komodo National Park - All you need to know — TravelPixelz

Source: @travelpixelz

Bagi Aladiners yang ingin bertemu dengan pari manta khas Pulau Komodo, Aladiners bisa berkunjung ke Manta Alley yang ada di Pulau Komodo ini. Berada dalam teluk sepanjang pantai selatan pulau Komodo, Aladiners dapat menemukan 10 hingga 20 pari manta berenang di antara karang dan bertemu langsung saat diving.

 

Baca juga: Taman Nasional Komodo dan Sejuta Kekayaannya

 

Kepulauan Alor

Kepulauan Alor ini terletak di sebelah timur Flores, Nusa Tenggara Timur. Meskipun Pulau Alor cenderung tidak terlalu besar, Aladiners bisa menemukan sekitar 20 spot untuk diving.  Dengan air yang sangat jernih, Aladiners dapat melihat biota laut dan terumbu karang dari jarak pandang 40 meter. Apabila beruntung, Aladiners dapat bertemu dengan mantis, mola-mola, ikan pari, paus, hiu, bahkan ikan napoleon yang lucu dan menggemaskan.

 

Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan terletak di Kalimantan Timur yang menyuguhkan pesona wisata bahari yang memanjakan jiwa dan raga ketika menyelam/diving menulusuri lautnya. Pulau Maratua yang merupakan bagian dari Kepulauan Derawan menjadi destinasi favorit yang dikunjungi karena keindahan alam bawah lautnya yang memukau.

close up photography of brown sea turtle

Dikenal memiliki banyak spot diving yang menarik, tak heran kalau Pulau Maratua digadang-gadang sebagai surganya bagi pecinta diving. Uniknya, pulau yang terletak di Kepulauan Derawan ini, berada di lepas pantai utara Kalimantan Timur ini dijuluki Maldives versi Indonesia. Menarik dikunjungi bukan, Aladiners?

Baca juga: Bercengkrama dengan Beragam Pantai di Nusa Penida Bali

Komentar