30.Nov.2021

Hangat Disantap Kala Musim Hujan, Ide Makanan Berkuah yang Bisa Aladiners Coba


Memasuki musim penghujan makanan yang hangat dan berkuah akan semakin menjadi incaran banyak orang. Mungkin Aladiners salah satu dari orang tersebut?  Tahukah Aladiners, hal ini secara reflek dilakukan orang untuk menjaga suhu tubuh agar tetap seimbang. Makanan hangat dan berkuah ini akan memberikan efek lebih nyaman untuk tubuh saat cuaca dingin.

1
0
0

Khusus buat Aladiners, Mister kasih ide-ide makanan berkuah yang cocok dimakan pada musim hujan.

Soto Santan

Soto santan adalah soto khas Betawi yang bercitarasa gurih, creamy dari santan yang berpadu dengan kaldu daging dan cocok menjadi santapan untuk menghangatkan tubuh. Rasa yang kaya akan rempah ini sangat pas disantap dengan nasi hangat, sambal, jeruk nipis, kerupuk, dan juga emping. Soto ayam santan ini menggunakan santan cair dan kental sehingga rasanya lebih gurih. Isian sotonya dapat disesuaika dengan selera Aladiners, bisa daging sapi, kambing atau ayam.

Seblak

Makanan khas Sunda satu ini populer di kalangan masyarakat karena citarasanya yang unik.  Seblak berasal dari wilayah Bandung dengan tonjolan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasakdan direbus dengan sayuran dan beragam sumber protein seperti ayam, telur, bakso, sosis atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan kencur. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, sehingga sehabis Aladiners menyantap seblak, maka akan berkeringat karena kepedasan dan kenikmatannya.

Sup Buntut

Makanan lezat satu ini terbuat dari campuran potongan ekor sapi yang diberi bumbu, lalu dibakar atau digoreng dan dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang cenderung light/ bening. Isian lainnya yang dimasak secara bersamaan adalah irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng. Sop buntut dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkih. Rasa gurih dari kaldu sapi yang digodok dalam waktu lama akan memberikan aroma dan citarasa yang luar biasa.

Rawon

 

Sup asal Jawa Timur ini memiliki tekstur, warna, citarasa yang luar biasa enak dan menyegarkan. Sup berwarna hitam ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus lama dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, kuncinya hitam pekatnya berasal dari buah kluwek, kacang hitam Indonesia. Selain itu, rawon biasanya disajikan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan tauge rebus. Untuk menambahkan rasa penikmat rawon dapat menambahkan daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai selera. Rawon juga cocok dikonsumsi bersama kerupuk udang, telur asin, dan daging sapi goreng atau empal.

Bakso

Siapa yang tidak tahu hidangan berbentuk bulat layaknya bola satu ini? Bakso merupakan campuran daging sapi giling yang dicampur tepung tapioca dan dibentuk mirip bola-bola kecil, biasanya menggunakan daging sapi tapi banyak juga yang menggunakan  daging ikan, ayam, udang. Bakso dihidangkan dalam kondisi yang masih. sangat panas dengan kuah bening biasanya juga di tambahkan mie dan bihun serta telur kemudian di taburi bawang goreng. Biar lebih nikmat dimakan saat musim hujan, ditambahkan sedikit sambal akan menambah kenikmatan santapan satu ini.

Sup Jagung

Sup jagung adalah sebuah sup bertekstur sedikit kental dan lengket yang berbahan dasar jagung. Bahan sup jagung kental dasar terdiri dari jagung, bawang bombay, seledri, susu atau krim dan mentega, serta sedikit tambahan lada dan penyedap rasa lainnya. Jika Aladiners melipir ke daerah Gorontalo, biasa masyarakat sana menyebutnya dengan nama Binte Bilahuta (Milu Siram). Sup dari jagung ini biasa dimasak bersamaan dengan ikan atau udang yang diracik hingga menghasilkan satu rasa khas yang sangat lezat dan panas. bimemiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas.

Komentar