dieng culture festival
24.Jul.2024

Dieng Culture Festival 2024, Balik Lagi dengan Budaya dan Pesona Alam yang Juara


 

0
0
0

Dieng Culture Festival, salah satu acara budaya paling hits di Indonesia, bakal balik lagi nih. Acara seru ini bakal digelar dari tanggal 23 sampai 25 Agustus 2024 di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. Festival tahunan ini nggak cuma menampilkan budaya lokal yang keren, tapi juga suguhan pertunjukan seni yang memukau plus keindahan alam yang bikin seger mata.

dieng culture festival

Sumber: joglojateng.com

Sejak pertama kali diadakan tahun 2010, Dieng Culture Festival udah jadi ikon wisata budaya di Jawa Tengah. Dinobatkan menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang bukan cuma sekedar ngelestariin budaya lokal Dieng, festival ini juga jadi ajang bagi masyarakat Dieng buat memberdayakan diri dan ngedongkrak ekonomi lewat pariwisata.

 

Nah, berkaitan dengan hal itu, berikut beberapa daya tarik utama yang bikin Dieng Culture Festival wajib masuk wishlist liburan kamu.

 

1. Kirab Budaya

kirab budaya dieng culture festival

Sumber: IDN Times

Festival ini dibuka dengan Kirab Budaya yang nampilin berbagai kesenian tradisional Jawa seperti angklung dan lengger. Terus juga ada barongsai. Atraksi ini bisa dibilang jadi daya tarik utama buat ngerasain kemeriahan dan keunikan budaya yang ada di Dieng.

 

2. Ruwatan Rambut Gimbal

ruwatan rambut gimbal dieng

Sumber: okezone.com

Acara puncak festival adalah Ruwatan Rambut Gimbal, tradisi motong rambut gimbal anak-anak Dieng yang dipercaya bisa ngilangin sial. Prosesi ini penuh makna spiritual dan jadi daya tarik utama buat yang pengen ngerasain budaya Dieng yang unik.

 

3. Jazz di Atas Awan

jazz di atas awan dieng culture festival

Sumber: kumparan.com

Dieng Culture Festival juga ngadain festival musik Jazz di Atas Awan yang menghadirkan musisi-musisi top. Nikmatin alunan musik jazz di tengah hamparan awan dan udara dingin pegunungan Dieng. Pasti epik, deh.

 

4. Festival Lampion

festival lampion dieng culture festival

Sumber: inews.id

Malem-malem, langit Dieng bakal dihiasi sama lampion-lampion cantik yang diterbangin para wisatawan. Momen ini jadi salah satu yang paling romantis dan Instagramable di festival ini.

 

 

Baca juga: Tempat Wisata Dieng, Tanah Para Dewa di Pulau Jawa

 

5. Pesta Kembang Api

pesta kembang api dieng culture

Sumber: kompas.com

Festival ditutup dengan pesta kembang api yang super meriah dan bakal menghiasi langit malam Dieng. Pertunjukan kembang api ini jadi momen yang nggak bakal terlupakan.</span<

 

Nah, selain beberapa daya tarik utama tadi, Dieng Culture Festival 2024 juga nawarin berbagai acara menarik lainnya yang bakal ngasih pengalaman liburan yang unik dan gak terlupakan. Ada kesenian wayang kulit, jalan santai, Festival Caping Gunung Dieng, pameran UMKM, workshop budaya, dan masih banyak lagi.

So, bisa dibilang festival ini menjadi momen yang pas buat ngerasain kekayaan budaya dan keindahan alam Dataran Tinggi Dieng. Karena itu, jangan sampe kelewatan kesempatan ini buat eksplor budaya lokal, nikmatin pertunjukan seni yang memukau, dan hirup udara segar pegunungan Dieng.

 

Eits, supaya kamu makin enjoy nikmatin festival ini ada beberapa tips yang bisa kamu  terapin nih, yaitu:

- Pake pakaian hangat karena cuaca di Dieng bisa sangat dingin, terutama di malam hari.

- Bawa alas kaki yang nyaman karena kamu bakal banyak jalan kaki.

- Siapin uang tunai buat beli makanan, minuman, dan souvenir.</span<

- Dateng lebih awal buat ngindarin macet dan keramaian.

- Jagalah kebersihan dan buang sampah pada tempatnya.

- Hormati budaya dan tradisi lokal.

 

Terakhir yang paling penting, buat kamu yang penasaran dan berencana datang ke Dieng Culture Festival, langsung cek akomodasi dan itinerary-nya di Mister Aladin. Kamu juga bisa langsung cek berbagai penawaran menarik untuk momen liburan dan perjalanan. Temukan berbagai pilihan hotel, tiket pesawat dan kereta, serta paket tur yang bakal nambah keseruan liburan kamu.

 

Komentar