26.Jan.2021

Bali Bukan Hanya Pantai, Coba ke Air Terjun Tibumana di Bangli


Ayo ngaku, siapa yang kalau ke Bali mainnya ke pantai terus? Kalau kamu liburan ke Bali, jangan sungkan untuk coba destinasi wisata lainnya. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah wisata air terjun. Meski terkenal dengan pantainya yang indah, Bali juga punya beberapa air terjun yang menawan, salah satunya Air Terjun Tibumana.

0
0
0

 

Tak perlu diragukan, Bali memang selalu punya daya tarik bagi wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Panorama alamnya sungguh luar biasa, bahkan ada yang menyebut Bali sebagai The last paradise. Itulah sebabnya masyarakat Bali selalu menjaga keindahan dan keasrian tempat wisata, mulai dari dasar laut hingga puncak gunungnya.

Pesona Air Terjun Tibumana

Sumber gambar: https://www.instagram.com/kerstin_waxnegger/

Keindahan Bali seakan tersebar di tiap sudutnya. Bukan hanya pantai dan lautnya yang indah, keasrian hutan, pegunungan dan air terjunnya pun sangat terjaga. Salah satunya adalah Air Terjun Tibumana. Ini adalah salah satu air terjun terbaik yang ada di Kabupaten Bangli.

Secara ukuran, Air Terjun Tibumana ini tidak terlalu besar. Tingginya hanya sekitar 20 meter. Meski begitu, pesona keindahannya tak berkurang sedikit pun. Air terjun ini airnya sangat jernih, terdapat kolam kecil yang tidak terlalu dalam. Sangat aman untuk wisatawan berenang di area tersebut.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/pierretravelphoto/

Selain airnya yang jernih dengan kolam yang tenang, Air Terjun Tibumana ini juga memiliki keunikan tersendiri. Jika musim penghujan dan debit airnya sangat deras, kamu akan melihat ada dua air terjun bersebelahan seperti air terjun kembar. Namun jika air di atas tebing sedang kering, kamu hanya bisa melihat satu aliran air terjun. Adanya tebing yang menjorok ke dalam di balik air terjun menambah keunikan tersendiri. Kamu seakan melihat ada gua di balik air terjunnya.

Merelaksasikan diri di Air Terjun Tibumana ini sangat nyaman. Kamu akan mendapatkan ketenangan yang begitu alami. Lokasinya yang tersembunyi membuat air terjun ini serasa milik pribadi. Apalagi jika kamu datang saat di hari biasa atau pada saat bukan musim liburan. Kamu bisa dengan bebas menikmati air terjun ini sendiri.

 

Lokasi dan Harga Tiket

Sumber gambar: https://www.instagram.com/roli_media/

Air terjun ini berada di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Suasananya masih sangat asri karena berada di pedesaan. Sangat cocok bagi yang ingin mengunjungi tempat tenang. Untuk bisa mencapai lokasi, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Kuta atau 40 menit dari Denpasar.

Jalur menuju Air Terjun Tibumana ini sudah sangat baik dan tertata dengan rapi, hanya saja kamu perlu bertanya-tanya jika sudah sampai di Desa Apuan untuk sampai ke lokasi air terjun. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Komentar