04.Nov.2019

5 Tempat Kece di Bandung yang Cocok untuk Penikmat Seni


Earth without art is just eh. Setuju, kan, dengan kalimat itu? Gak ada seni gak asyik. Seni itu cantik, seni itu menarik. Seni punya banyak wujud. Ada seni tari, seni musik, seni lukis, seni ukir, dan masih banyak lagi. Ada yang menjadi pelaku seni alias seniman, ada pula yang hanya menjadi penikmat. Kalau kamu termasuk penikmat seni, ini lima tempat kece di Bandung yang wajib kamu kunjungi.

0
0
0

1. Kampung Jelekong

Sumber: http://jurnalposmedia.com/lukisan-jelekong-sang-primadona-dunia/#prettyPhoto/0/ (by Reival Akbar Rivawan/Jurnalposmedia)

Yang gemar melukis atau suka mengoleksi lukisan, silakan datang ke Kampung Jelekong. Seni lukis memang merupakan bidang yang digeluti penduduk Kampung Jelekong. Keahlian melukis para penduduk didapatkan dengan berguru pada kakek, nenek, atau orangtua mereka yang sudah lebih dulu menjadi pelukis.

Saat berkunjung ke sana, kalian bisa berkunjung ke berbagai galeri lukisan. Kalau ingin membelinya, kalian harus menyiapkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Di sana, juga ada spot untuk berfoto dengan konsep 3D. Pernah lewat Jalan Braga dan melihat lukisan yang berjejer di sana? Beberapa lukisan tersebut didatangkan dari Kampung Jelekong.

Selain lukisan, Kampung Jelekong juga dikenal sebagai kampung pelestari wayang golek, wayang yang terbuat dari kayu. Adalah padepokan Giri Harja, tempat di kampung tersebut di mana kalian bisa menonton pertunjukan wayang golek dan belajar membuatnya.

2. NuArt Sculpture Park

Sumber: http://pauldechivo.blogspot.com/2016/11/nuart-sculpture-park.html

Siapa nama seniman pembuat patung Garuda Wisnu Kencana (GWK)? Jawabannya, I Nyoman Nuarta. Kalau ingin melihat koleksi karya seni buatan I Nyoman Nuarta, silakan datang ke NuArt Sculpture Park. NuArt berasal dari nama Nuarta.

NuArt Sculpture Park menyediakan workshop bagi para pengunjung yang ingin belajar membuat karya seni. Di workshop itu pula, kalian bisa melihat para pekerja yang berproses menghasilkan sebuah karya seni. Kalau ingin melihat seniman bekerja, silakan datang antara Senin—Jumat pukul 9.00—17.00.

NuArt Sculpture Park dibuka pada 2000. Selain menjadi tempat memajang karya seni, taman seluas 3 hektare itu juga sering dijadikan tempat berkumpul para seniman untuk bertukar pikiran apa pun itu yang berkaitan dengan seni. Informasi lebih lanjut tentang NuArt Sculpture Parsk bisa kalian lihat di website-nya.

3. Kampung Dago Pojok

Sumber:http://disdik.jabarprov.go.id/gallerylist/photo?page=76 (bu Fauzan Kesuma/DISDIKPROVJABAR)

Rahmat Jabaril adalah orang yang berjasa menjadikan Kampung Dago Pojok layak dikunjungi wisatawan. Dialah yang berinisiatif membuat Kampung Dago Pojok, kampung tempat tinggalnya, menjadi berwarna dengan menghiasi dinding-dindingnya dengan lukisan.

Dari lukisan di dinding alias mural itulah, Kampung Dago Pojok berkembang menjadi kampung seni. Selain warna-warni mural yang menjadi ciri khas, kalian juga bisa menyaksikan pertunjukan tari tradisional dan permainan alat musik tradisional.

Ingin mempelajari kesenian-kesenian itu? Bisa. Ingin bermain permainan tradisional? Bisa juga. Ingin menginap dan merasakan sejenak menjadi warga Kampung Dago Pojok? Tentu bisa, karena di sana sudah tersedia homestay.

4. Saung Angklung Udjo

Sumber: https://www.mongabay.co.id/2018/03/16/saung-udjo-the-power-of-angklung/ (by Donny Iqbal/Mongabay Indonesia)

Mungkin, sebagian besar di antara kalian sudah tahu tempat wisata ini. Sesuai namanya, di Saung Angklung Udjo, kalian bisa menyaksikan pertunjukkan permainan musik angklung. Pertunjukkannya dikemas dengan wah! Usai menonton, kalian pasti ingin menonton lagi.

Pada pertunjukkan permainan musik angklung itu, disisipkan pula pertunjukkan wayang golek dan tarian tradisional. Di akhir pertunjukkan, kalian diajak turun ke panggung dan menari bersama. Hal menarik lainnya adalah kalian berkesempatan belajar bermain angklung!

Setiap pengunjung diberi satu angklung yang mewakili satu nada. Di panggung, ada satu orang yang akan memandu pengunjung bermain angklung. Pertunjukkan di Saung Angklung Udjo digelar setiap hari dari pagi sampai malam. Paling awal pukul 10.00 WIB dan paling akhir pukul 18.30 WIB. Harga tiketnya mulai dari Rp60.000.

5. Amazing Art World

Sumber: https://myeatandtravelstory.wordpress.com/2017/08/16/having-fun-di-amazing-art-world-bandung/

Yang hobi posting foto kece di Instagram, Amazing Art World adalah tempat yang cocok untuk kalian. Amazing Art World merupakan museum 3D yang didirikan perusahaan yang berbasis di Korea. Lukisan-lukisan 3D yang ada di museum ini merupakan karya pelukis Korea kenamaan.

Ada banyak zona menarik di Amazing Art World yang pastinya kece untuk dijadikan latar untuk berfoto. Ada zona yang bertema air, dinosaurus, Mesir, Italia, luar angkasa, dan glow in the dark. Ada pula zona yang khusus menampilkan video tentang seluk-beluk lukisan 3D.

HTM Amazing Art World adalah Rp55.000 saat weekdays dan Rp75.000 saat weekend atau hari libur nasional. Selain di Bandung, Amazing Art World juga ada di China dengan nama 3D Art Museum dan di Filipina dengan nama Art in Island. Informasi lebih lanjut tentang Amazing Art World bisa kalian cek di website­-nya.

Komentar