Destinasi wisata di Kepulauan kei, 8 Hidden Gem Menarik!
26.Mar.2022

8 Hidden Gem Pariwisata di Kepulauan Kei


Indonesia bagian Timur mempunyai kekayaan alam yang indah, serta alamnya masih cukup terjaga, salah satunya adalah keindahan destinasi wisata di Kepulauan Kei yang merupakan gugusan pulau di kawasan tenggara Kepulauan Maluku yang termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Keindahan destinasi wisata yang ada di Kepulauan Kei ini memiliki luas sekitar 1.438 kilometer dan terbentuk dari pulau-pulau kecil yang menawan dan terletak Kabupaten Maluku Tenggara. Kepulauan Kei memiliki 112 pulau dan 76 destinasi wisata, baik wisata alam, budaya, dan  sejarah. Sebagian besar wisatanya adalah wisata alam seperti pantai dan pulau dengan air berwarna biru kehijauan yang bening dan jernih.  

0
0
0

Kalau Aladiners berencana berkunjung ke destinasi-destinasi wisata di Kepulauan Kei ini, berikut beberapa keindahan wisata di Kepulauan Kei yang bisa Aladiners jadikan referensi!

Air Terjun Evu

Air Terjun Evu merupakan air terjun yang mengalir langsung ke laut. Air terjun ini terletak di Ohoi (Desa) Evu, sekitar 30 menit naik mobil dari pusat Kota Langgur, ibu kota Maluku Tenggara.

Air Terjun Harangur / Harangur Waterfall - Dinas Pariwisata Provinsi Maluku

Source: Dinas Pariwisata Provinsi Maluku

Air Terjun Harangur

Salah satunya destinasi wisata di Kepulauan Kei adalah Air Terjun Harangur yang terletak di Ohoi Harangur, Kecamatan Kei Besar. Lokasi air terjun ini tepat menghadap ke laut. Uniknya, disini juga terdapat kolam jakuzi alami, lho.

 

Pulau Bair

Perairan di laut Pulau Bair sangat jernih dan merupakan wisata di Kepulauan kei yang dari atas permukaannya saja, kita dapat melihat jelas terumbu karang yang tumbuh subur dapat terlihat dengan jelas. Aladiners dapat mengunjungi area Tebing Bukit Karang setinggi 20 meter.Setelah naik ke atas tebing, Anda bisa melompat langsung ke laut.

5 Destinasi Wisata Kepulauan Kei Maluku Tenggara, Surga Dunia!

Source: instagram/@rizkipambudi

Jika beruntung, Anda malah bisa bertemu dengan hiu blacktip. Hiu blacktip memiliki ciri yang mudah dikenali, yaitu ujung siripnya berwarna hitam, moncongnya bulat dan lebar, dan biasa dijumpai di sekitar terumbu karang dengan kedalaman antara 20-75 meter.

5 Destinasi Wisata Kepulauan Kei Maluku Tenggara, Surga Dunia!

Source: instagram/@nala_rinaldo

Hawang Cave

Destinasi wisata di Kepulauan Kei satu ini menarik untuk dikunjungi. Hawang Cave atau Gua Hawang namanya. Gua ini berada di Desa Letvuan ini menawarkan kejernihan air sekaligus panorama yang indah. Berjarak kurang lebih 15 km dari Langgur (Ibu Kota Maluku Tenggara), supaya bisa sampai harus menelusuri jalan setapak yang menurun.

Maluku Tenggara - Maluku Tenggara

Source: Website Pemerintah Kab. Maluku Utara

Pantai Ngurtavur

Tidak hanya air Terjun, wisata Kepulauan kei yang lainnya adalah pantai, salah satunya Pantai Ngurtavur. Bentangan pasir pantai ini terlihat seakan-akan membelah laut. Sisi kanan dan kiri jalur tersebut menunjukkan pemandangan bawah laut yang bisa indah karena airnya yang jernih.

 

Bukit Masbait

Aladiners dapat berkunjung dan berwisata sejarah seperti yang dilakukan oleh umat di Kepulauan Kei, Maluku. Bukit Masbait ini terletak di Desa Kelanit, Kabupaten Maluku Tenggara.  Desa itu memang dihuni oleh masyarakat yang beragama Katolik. Akan tetapi, bukit doa dijaga bersama oleh masyarakat baik yang Kristiani maupun non Kristiani.

Bukit Masbait, Objek Wisata Religi dengan Panorama Alam yang Indah di Maluku - Maluku ID

Source: Facebook/dyah pitaloka grahadiningtyas

Sekadar informasi, bukit doa dikelilingi oleh tiga desa yang penduduknya memiliki agama berbeda. Selain Desa Kelanit, ada desa Protestan yaitu Ohoi Dertavun, desa Muslim yaitu Letman, Dunwahan, dan Sitngohoi. Penduduk desa secara bersama-sama menjaga bukit doa tanpa memandang agama.

 

Maluku Tenggara - Maluku Tenggara

Source: Website Pemerintah Kab. Maluku Utara

Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat merupakan bagian dari Kepulauan Kei mempunyai pasir pantai sehalus tepung dengan garis pantai sepanjang 3 sampai 5 km. Pantai ini bahkan diakui sebagai pantai terhalus di dunia oleh National Geographic.

An Epic trip to the waterfalls of Kei Besar - Kei Cares

Source: YouTube

Air Terjun Hoko

Letak air terjun ini berada di Desa Hoko, pulau Kei Besar bagian utara. Air jernih mengucur ke bawah menuju kolam batu alami yang berwarna hijau kebiruan.

 

Baca juga: Tempat Wisata Terkenal di Pulau Sumatera

Komentar