logo-blog Blog
Home » Blog » Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia
pemain naturalisasi

Siapa yang lagi asyik nonton Timnas Indonesia U-19 pada ajang bergengsi Piala AFF 2022 nih? Nah, bagi kamu pencinta sepak bola pasti taka sing lagi dengan berbagai nama-nama pemain naturalisasi yang membela skuad Garuda.  

Perlu kamu tahu bahwa naturalisasi pemain keturunan Indonesia kembali mendatangkan angin segar. Sebelum ajang Piala AFF 2022 berlangsung, PSSI mengirim sinyal bahwa Jim Croque, Max Christoffel, hingga Kai Boham akan mengantongi status Warga Negara Indonesia (WNI).

Ketiga pemain tersebut menambah optimisme pencinta sepak bola nasional jelang berbagai turnamen prestisius. Salah satu yang menarik perhatian khalayak ialah Piala AFF U-19 . Pasalnya, sebelum ini nama-nama seperti Jordi Amat hingga Sandy Walsh sudah memasuki proses naturalisasi.

Kedatangan tiga calon penggawa Timnas Indonesia yang akan dinaturalisasi sempat diungkap oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melalui media social miliknya. Ketiganya tersedia untuk tampil di Piala AFF U-19 2022 karena masih berusia di bawah 19 tahun.

Profil Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Oya, skuad Timnas Indonesia U-19 saat ini terdapat empat pemain naturalisasi loh. Namun, hanya satu yang bisa diturunkan di Piala AFF U-19 2022 yang dilangsungkan di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli 2022. Sebab, tiga nama lainnya hanya ikut berlatih sebagai ajang seleksi.

1. Ronaldo Kwateh

Nama pertama yang muncul sebagai pemain naturalisasi Timnas Indonesia ialah Ronaldo Kwateh. Pemain 17 tahun ini tercatat memiliki darah Indonesia dan Liberia ini bakal diandalkan sebagai bomber Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Darah Liberia berasal dari sang ayah yang dulunya merupakan pesepakbola asal Liberia yang lama merumput di Indonesia, Roberto Kwateh. Bagai buah tak jatuh dari pohonnya, Ronaldo Kwateh  pun tampil apik dan gesit saat membela skuad Garuda di Piala AFF U-19 2022.

2. Kai Boham

Pemain keturunan lain yang memperkuat skuad Garuda ialah Kai Boham. Pria kelahiran Alkmaar, Belanda, 18 Juli 2003 yang baru berusia 18 tahun ini memiliki keluarga yang berdarah Indonesia.

Meskipun berasal dari Belanda, kakek Kai Boham ternyata berasal dari Surabaya dan neneknya merupakan perempuan asal Bali. Kai Boham memulai karirnya bersama Almere City U-17.

Sejak 2020, ia telah menjadi punggawa Almere City U-21 hingga kini. Salah satu cita-cita yang iangin dicapai Kai Boham ialah ia berlaga di Eredivisie, kasta tertinggi sepakbola Belanda.

3. Max Christoffel

Selain, Ronaldo Kwateh dan Kai Boham, ada Max Christoffel yang merupakan pemain keturunan Belanda-Indonesia yang digadang-gadang akan membela skuad Garuda. Pemain yang lahir pada 13 Agustus 2003 ini mendapatkan darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Manado.

Sejak 1 Juli 2021, Max Christoffel sudah bermain untuk klub Willem II Tilburg U-18, Belanda. Karier sepakbolanya pun sudah dimulai sejak 2010 dengan bergabung bersama Akademi Feyenoord Rotterdam.

Tak hanya itu, Max juga pernah mengikuti Akademi Elinkwijk. Ia sudah bermain bersama Willem II U-18 dengan catatan waktu 295 menit. Pemain yang mentas di posisi full back kiri ini telah mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia U-19, tapi sayang ia hanya bisa mengikuti proses seleksi saja dan tidak tak bisa ambil bagian untuk membela skuad Garuda.

4. Jim Croque

Satu lagi pemain naturalisasi di Timnas Indonesia U-19, ia adalah Jim Croque. Pemain kelahiran Belanda pada 5 Juli 2004, itu memiliki ayah yang keturunan Jawa bernama Raymond Croque.

Jim Croque yang kini berusia 17 tahun bergabung dengan klub Bussum Football Club di awal kariernya. Dua tahun lalu, tepatnya sejak 1 Juli 2020, Jim bergabung dengan Vitesse U-18, salah satu tim muda yang klub utamanya eksis di kasta teratas Liga Belanda.

Seakan sudah menunjukkan kegemilangannya, Jim Croque telah mencetak 6 gol dan 3 assist dari 15 laga bersama klubnya tersebut. Namun, sama halnya dengan Max Chistoffel, langkahnya terhenti untuk membela Timnas Indonesia U-19 pada ajang Piala AFF 2022.

Baca Juga : 3 Pemain AFF U-19 yang Perlu Kamu Tahu!

Empat pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-19 memang tak diragukan lagi kualitasnya. Meski baru berkiprah dalam skuad Garuda, skill yang dimiliki dalam lapangan patut diacungi jempol. Untuk itu, sebagai pencinta sepak bola nasional kamu pun harus terus mendukung skuad Garuda agar bisa meraih gelar jual pada ajang bergengsi lainnya.

Nah, sebelum kamu membela skuad Garuda, kamu juga bisa menyiapkan diri untuk tetap fit dan rajin berolahraga agar tak mudah loyo saat sedang asyik-asyiknya menonton sepak bola. Kabar baiknya, kamu bisa belanja kebutuhan apa aja di aladinmall.id karena banyak diskon melimpah loh. Mulai suplemen, camilan sehat, baju olahraga hingga perlengkapan gym lainnya bisa kamu borong dengan harga Lebih Murah! Belanja jadi Super Hemat da nada Gratis Ongkir se-Indonesia yang bisa kamu nikmati. Yuk, belanja sekarang! 

Untuk info menarik lainnya, kamu dapat mengunjungi AladinMall Blog. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung belanja online demi memenuhi segala kebutuhanmu dengan harga super hemat hanya di AladinMall by Mister Aladin yang bisa diakses melalui AladinMall By Mister Aladin atau Aplikasi Mister Aladin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *