logo-blog Blog
Home » Blog » 8 Baju Pahlawan Yang Dapat Jadi Inspirasi Dipakai Hari Pahlawan
Baju Pahlawan Cover

Aladiners, Hari Pahlawan menjadi salah satu momen yang pas untuk merayakan semarak perjuangan para pahlawan. Biasanya, beberapa orang merayakan dengan mengadakan doa bersama hingga berlomba-lomba mengenakan baju pahlawan sebagai bentuk penghormatan. 

Nah, kamu juga bisa loh merayakannya dengan mengenakan baju pahlawan favoritmu. Jika masih bingung, yuk simak ulasan baju pahlawan berikut ini sebagai inspirasi. 

Deretan baju pahlawan yang bisa kamu kenakan untuk rayakan momen Hari Pahlawan 

Masih bingung mau pakai baju pahlawan yang mana? Yuk, temukan inspirasinya di sini! 

1. Soekarno 

Ir Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia yang memiliki julukan sebagai Bapak Perjuangan. Nah, Soekarno sendiri memiliki pakaian khas yang kerap ia gunakan, yaitu setelan kemeja maupun jas serta celana berwarna putih lengkap dengan peci berwarna hitam. Setelah tersebut bisa kamu kenakan sebagai inspirasi kostum pahlawan. 

2. RA Kartini 

Satu lagi kostum pahlawan yang bisa kamu kenakan terutama bagi para wanita, yaitu paras elok nan anggunnya kebaya khas Raden Adjeng Kartini atau yang kerap dikenal dengan RA Kartini. Salah satu pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita ini memiliki gaya busana khas berkebaya dari keluarga priyayi. Itu juga bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk mengenakan baju pahlawan nih, Aladiners! 

3. Bung Tomo 

Perayaan Hari Pahlawan juga identik dengan mengenang peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Dari sanalah muncul para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan semangat juangnya. Salah satunya, Bung Tomo, sang pelopor perjuangan arek-arek Suroboyo yang juga memiliki baji khas para pejuang di masa itu yang bisa kamu jadikan inspirasi. 

4. Christina Martha Tiahahu

Selain sosok laki-laki, pahlawan Indonesia juga memiliki banyak pahlawan perempuan. Salah satunya, Christina Martha Tiahahu. Perempuan kelahiran Maluku ini merupakan salah satu pejuang wanita yang turut serta berjuang melawan tentara kolonial belanda. Nah, gaya berpakaian Christina Martha Tiahahu juga khas dengan balutan ikat kepala etnik yang juga bisa kamu kombinasikan dengan setelan sederhana khas Maluku. 

5. Jenderal Sudirman 

Satu lagi kostum pahlawan yang bisa kamu jadikan inspirasi, yaitu gaya berpakaian Jenderal Sudirman yang khas. Salah satu pahlawan kelahiran Purbalingga ini merupakan Pahlawan Revolusi Nasional Indonesia yang berpangkat Panglima dan Jenderal RI pertama dan termuda. Mengulik gaya berpakaiannya Jenderal Sudirman, kamu bisa mengenakan blangkon, syal, blazer panjang, dan tongkat. 

6. Wage Rudolf Supratman 

Kamu juga bisa mengenakan kostum pahlawan Wage Rudolf Supratman yang khas seperti jas putih dengan mengenakan dasi dan kacamata dengan frame tebal dan bulat sempurna. Perlu kamu tau bahwa lelaki yang kerap disapa WR Supratman ini merupakan pencipta lagu kebangsaan negara yang sering dikumandangkan saat upacara, yakni Indonesia Raya. Ia juga terlibat dalam deklarasi Sumpah Pemuda bersama tokoh-tokoh nasional lainnya lho, Aladiners. 

7. Pangeran Diponegoro 

Jika kamu mau mengenakan kostum Pahlawan ala Pangeran Diponegoro, kamu bisa mengenakan jubah panjang berwarna putih lengkap dengan sorban yang dikalungkan dileher serta kepala sebagaimana pakaian ala santri yang khas. Perlu kamu tau bahwa Pangeran Diponegoro merupakan salah satu pahlawan nasional yang turut melawan penjajahan Belanda. Putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono III mempunyai nama asli Raden Mas Ontowiryo yang lahir pada 11 November 1785 di Yogyakarta. Sosok Pangeran Diponegoro juga dikenal secara luas lantaran memimpin Perang Diponegoro atau disebut sebagai Perang Jawa karena terjadi di tanah Jawa. 

8. Tjokroaminoto

kostum pahlawan yang bisa kamu jadikan inspirasi lainnya ialah busana khas Tjokroaminoto. Lelaki dengan nama lengkap Raden Mas Haji Oemar Said Tjokroaminoto ini dikenal selalu memakai pakaian jawa tradisional seperti blankon, jas tutup, kain panjang dan sandal. Perlu kamu tau, ia dikenal sebagai tokoh pendidikan dan juga pahlawan nasional yang memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Itulah beberapa baju pahlawan yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kalau kamu mau pakai pakaian ala siapa nih, Aladiners? 

Informasi AladinMall by Mister Aladin

Untuk info menarik lainnya, kamu dapat mengunjungi AladinMall Blog. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung belanja online demi memenuhi segala kebutuhanmu dengan harga super hemat hanya di AladinMall by Mister Aladin yang bisa diakses melalui aladinmall.id atau Aplikasi Mister Aladin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *