logo-blog Blog
Home » Blog » 6 Cara untuk Mulai Bisnis Jualan Online
online shop

Di era yang makin canggih seperti saat ini, mencoba peluang baru seperti jualan online bisa di jadikan pilihan. Apalagi, sejak pandemi yang melanda seluruh dunia, berbagai kejadian tak terduga seperti pemutusan hubungan kerja bisa saja terjadi. Salah satu masalah itulah yang mendasari banyak orang untuk mencoba peluang baru di ranah bisnis online shop (olshop).

Nah, bagi kamu yang ingin mulai jualan online untuk mencoba peruntungan baru, tak perlu khawatir dan bingung harus memulai dari mana. Caranya cukup mudah bila kamu memperhatikan ulasan berikut ini.

Tips Mulai Jualan Online Bagi Pemula di Online Shop

Melihat kondisi saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk belanja online jika dibandingkan dengan ke luar rumah dan pergi ke took maupun supermarket terdekat. Berdasar kondisi tersebut, kamu juga bisa memanfaat peluang dengan membuat bisnis olshop yang tentunya lebih mudah dijangkau oleh banyak orang. Nggak hanya itu, kamu juga perlu mengemas bisnis olshop tersebut agar mudah dikenal orang melalui online marketing.

Tentu, untuk mulai jualan online yang optimal, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut agar bisnismu bisa mudah diketahui orang.

1.  Susun rencana bisnis dan media berjualan

Hal utama yang perlu kamu lakukan untuk mulai jualan online ialah dengan menyusun rencana bisnis sebaik-baiknya. Mulai dari menentukan nama brand, produk yang kamu jual, penetapan media untuk menjajakan produk yang kamu jual, hingga perhitungan keuangan.

Nah, untuk medianya, kamu juga bisa menggunakan marketplace sebagai tempat yang pas untuk bisnis olshop, selain  media social. Apalagi, banyak orang yang lebih nyaman belanja melalui e-commerce lantaran prosesnya lebih praktis dan tentu banyak diskon menarik yang ditawarkan. Untuk itu, siapkan media jualanmu dengan maksimal dan buatlah promo sendiri yang bisa menarik beragam kalangan untuk belanja di olshop milikmu.

2.  Buat Konsep Media Sosial yang Menarik

Untuk menjualnya di marketplace atau e-commerce, kamu juga perlu menyiapkan pengemasan media sosial yang menarik untuk menarik customer ke toko online-mu. Hal tersebut bisa berguna untuk memberikan informasi bagi customer yang belum tau produkmu.

Mulai dengan buat konten yang informatif dengan pengemasan yang eye catching. Kamu juga bisa mengunggah katalog produk dan mengajak customer untuk berpartisipasi dalam giveaway yang kamu adakan.

3.  Berikan Promo Menarik hingga Paket Bundling

Siapa sih yang nggak suka diskon kalau sedang belanja online? Nah, bagi pemula, kamu juga perlu menyiapkan promo menarik atau diskon lainnya untuk membuat customer belanja di toko online-mu. Kamu bisa mencoba konsep Potongan Harga hingga 50% atau bisa juga buy 2 get 1 free dan promo menarik lainnya. Dengan begitu, customer akan sering repeat order di jualan online milikimu.

4.  Gunakan Instagram maupun Facebook Ads

Agar media sosial milikimu makin dikenal orang, jangan ragu untuk meningkatkan brand exposure serta traffic website. Tentu, jika ingin bisnis online shop milikmu lebih optimal, taka da salahnya untuk menggunakan Instagram maupun Facebook Ads.

Mulai dengan mengunggah foto dan video dengan caption yang menarik, hal itu akan lebih efektif bagi kamu untuk beriklan di platform visual tersebut. Dengan begitu, banyak customer baru yang berdatangan pada media sosialmu hingga membeli barang yang kamu tawarkan.

5.  Proses order yang praktis

Apabila kamu memiliki bisnis olshop, hal yang tak kalah pentingnya ialah buatlah sistem pemesanan yang praktis serta mudah dijangkau oleh berbagai kalangan. Pertama, kamu perlu melengkapi akun bisnis dengan nomor yang mudah dihubungi. Selain tu, kamu juga bisa membuat link yang mudah diakses hanya dengan sekali klik langsung bisa memesan produk. Dengan sistem pemesanan yang mudah, customer akan lebih cepat melakukan pembelian hingga proses transaksi.  

6.  Kelola Keuangan Bisnis Olshop

Mengelola keuangan dalam bisnis olshop juga jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Kamu bisa mulai belajar mengatur keuangan dengan hal kecil terlebih dulu, mendata pemasukan dan pengeluaran secara rinci, hingga bisa menghitung laba rugi atas bisnis olshop tersebut. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, bisnis olshop yang kamu jalani pun akan berjalan lancar sesuai perencanaan.\

Baca Juga : 10 Daftar Barang Terlaris dan Paling Dicari di Online Shop

Mulai jualan online dengan mudah

Sekarang, jika sudah mengetahui berbagai tips mulai jualan online, kamu perlu mengeksekusinya sesuai perencanaanmu. Memang bisnis olshop bisa dikatakan gampang-gampang susah. Meski begitu, apabila sudah memulainya, kamu akan dengan sendirinya terlatih untuk bisa mengelola bisnis jualan online apalagi jika sudah dibekali dengan tips yang mumpuni seperti ulasan di atas.

Nah, supaya bisnis olshop yang kamu miliki makin dikenal customer, kamu juga bisa mulai bermitra dengan AladinMall by Mister Aladin untuk meningkatkan brand exposure serta keuntungan lainnya. Apalagi, AladinMall menyediakan berbagai kategori produk terlengkap mulai fashion, elektronik, kesehatan & kecantikan, makanan & minuman, hingga peralatan rumah tangga. Super lengkap kan?

Dengan berjualan di AladinMall by Mister Aladin, banyak benefit yang bisa kamu dapatkan. So, jangan pernah meremehkan jualan online sebelum kamu mencobanya ya. Buktikan bahwa kamu bisa membuat bisnis olshop yang digemari banyak customer dengan kualitas produk yang oke. Selamat mencoba!

Untuk info menarik lainnya, kamu dapat mengunjungi AladinMall Blog. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung belanja online demi memenuhi segala kebutuhanmu dengan harga super hemat hanya di AladinMall by Mister Aladin yang bisa diakses melalui AladinMall.id atau Aplikasi Mister Aladin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *